Tips Memilih Bahan Gamis Syar’i Agar Nyaman untuk Dikenakan

Gamis syar’i adalah salah satu busana muslim yang memiliki model lurus kebawah pada umumnya. Bagi seorang muslimah biasanya lebih dikenal dengan identitas hijab sebagai penutup aurat. Karena menurut ajaran islam aurat merupakan harta berharga yang harus mereka jaga. Jika berbicara tentang penutup aurat biasanya bagi kaum perempuan mengenakan busana yang menutupi dada hingga kaki mereka yang disebut dengan busana gamis.

Gamis itu sendiri merupakan jenis pakaian yang menggabungkan atasan dengan bawahan hingga bergerai dan memanjang ke bawah. Ada banyak model gamis kekinian yang dapat anda pilih sebagai busana syar’i anda. Baju gamis syar’i saat ini menjadi trend yang menjadi fashion item yang memiliki banyak penggemarnya. Baju ini tidak hanya disukai oleh kaum ibu-ibu namun kaum remaja juga banyak yang gemar mengenakan busana tersebut.

Memilih Bahan Gamis Syar’i

Bagi anda yang akan membeli gamis untuk anda kenakan alangkah baiknya jika anda menngunakan tips bagaimana cara memilih bahan yang nyaman untuk digunakan. Diantaranya:

Perhatikan Jenis Bahannya

Semakin berkembangnya model baju saat ini bahan yang digunakan juga bervariasi. Banyak bahan kain yang digunakan untuk pembuatan gamis diantaranya kain linen, maxmara, dan balitelli. Jenis bahan kain ini dipilih karena bahanya cenderung ringan namun tidak terlalu tipis sehingga tepat untuk digunakan untuk pembuatan busana gamis.

Anda harus benar-benar pintar memilih dalam menentukan bahan kain pada busana gamis anda. Hal ini disebabkan karena tidak semua bahan memiliki kenyaman saat dipakai. Salah satu bahan kain yang kurang nyaman digunakan adalah jenis kain jersey. Kain ini cenderung mudah melar saat digunakan, jika ukurannya terlalu kecil gamis berbahan jersey akan membentuk lekuk tubuh.

Warna yang Mempengaruhi

Warna ternyata juga memiliki pengaruh yang besar dalam kenyamanan busana gamis. Ada beberapa warna yang cenderung lebih mudah menyerap sinar matahari sehingga mudah merasa panas saat menggunakannya. Pilihlah warna kalem seperti krem atau salem agar anda tidak merasa gerah saat mengenakan pakaian gamis. Pilihlah warna yang memiliki kombinasi warna yang agak terang.

Sesuaikan Model dengan Ukuran Tubuh

Ketentuan menggunakan baju menurut syariat islam adalah pakaian yang dipakai tidak boleh menerawang dan membentuk lekuk tubuh. Agar dapat memenuhi hal tersebut anda dapat menggunakan baju gamis sesuai ukuran tubuh anda. Akan tetapi jika anda berbadan besar tentunya harus mengenakan baju yang agak longgar dan hindari penggunaan motif pada baju yang anda kenakan. Model gamis juga termasuk yang mempengaruhi pilih yang memiliki model modern dan hiasan bermotif meriah.

Gamis syar’i dapat dipakai oleh siapa saja entah itu dari kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa.  Jika anda akan membeli baju gamis untuk anda kenakan gunakan cara di atas agar anda nyaman saat mengenakannya.

About the Author: admin

You May Also Like