Panduan Memilih Dot Bayi yang Aman dan Berkualitas

Botol susu bayi adalah salah satu item yang harus dimiliki setiap orang tua. Walaupun orang tua telah berencana untuk memberi ASI secara langsung, orang tua biasanya tetap butuh beberapa botol susu untuk sang buah hati. Dengan adanya berbagai macam & merk botol susu, ada juga bermacam-macam dot untuk botol susu. Memilih dot bayi harus dilakukan dengan hati-hati agar si kecil mau minum susu menggunakan botol. Jika dilihat dari fungsinya, semua dot punya fungsi yang sama. Tapi, dot susu punya karakteristik yang berbeda-beda. Itulah kenapa kalian perlu tahu perbedaannya agar tidak salah pilih.

 

Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Dot Bayi?

Perbedaan dot botol susu untuk bayi bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini:

  • Bahan

Pertama, kalian harus memilih dot botol susu dengan melihat bahan yang digunakan. Pasalnya, bahan sangat penting karena menentukan kelembutan dari dot tersebut. Kelembutan dot akan berpengaruh pada kenyamanan si kecil saat menggunakannya untuk minum susu. Jika bayi tidak merasa nyaman, ia akan menolak botol susu yang diberikan. Jadi, pastikan bahannya lentur dan tidak terlalu keras.

  • Bentuk

Dot botol susu juga hadir dalam berbagai pilihan bentuk. Beberapa merk botol susu mencoba menghadirkan bentuk dot yang berbeda satu sama lain. Kalian para orang tua bisa mencoba beberapa bentuk yang sekiranya pas untuk si kecil. Kadang, pilihan kita tidak bisa langsung sesuai dengan yang diinginkan si kecil. Factor bentuk juga sangat berpengaruh pada kenyamanan si kecil dalam minum susu menggunakan botol dot. Bentuk di sini juga termasuk ukuran dot karena dot botol susu juga tersedia dalam beberapa pilihan ukuran.

  • Aliran

Ada beberapa dot botol susu yang hanya mengalir jika dihisap bayi. Namun, kebanyakan dot botol susu bisa mengalir alami & teratur tanpa harus dihisap oleh si bayi. Tak hanya itu saja, tiap dot botol susu juga punya aliran yang berbeda-beda. Untuk itu, deras lambatnya aliran dot bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih dot bayi.

Aliran dot botol bayi akan berdampak pada gejala bingung puting. Jika pada payudara, ASI mengalir alami tanpa perlu dihisap bayi. Namun, alirannya sedikit lebih lambat. Jadi, biasanya bayi harus berusaha keras untuk menyedot ASI. Itulah kenapa saat memilih dot botol susu, pilihlah botol susu yang punya cara kerja & aliran mirip payudara supaya mengurangi resiko bayi bingung puting.

Dot botol susu bayi punya peranan penting dalam memberi nutrisi untuk bayi lewat media botol. Jadi, sebelum membeli botol susu, karakteristik dot harus diperhatikan. Pasalnya, dot botol susu akan bersentuhan dengan mulut bayi langsung.

Tips Memilih Dot Bayi

Agar mendapatkan dot bayi yang bermutu dan cocok untuk si kecil, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, jangan lupa memperhatikan daya tahannya. Dot yang bagus harus dapat menahan gigitan bayi yang konstan & suhu yang tinggi saat disterilkan.

Selain itu, kenyamanan bayi juga harus diprioritaskan. Kebanyakan bayi lebih suka dot yang ujungnya lunak & bengkok. Biasanya, dot dari merk-merk ternama merancang produknya seperti ini. Jadi, jangan memilih dot yang kaku & keras karena bayi tidak akan suka. Intinya, pilihlah dot yang membuat bayi nyaman.

Kemudian, perhatikan kualitas & keamanan produk. Misalnya, penting untuk memilih dot yang bebas BPA. Selain dotnya, botolnya pun juga harus aman. Biasanya, dot botol dari bahan silikon terkenal bagus kualitasnya. Selain tahan lama, dot berbahan silikon juga aman untuk gusi si kecil.

Kadang, memilih dot bayi juga harus memperhatikan apakah halal atau tidak. Untuk kalian yang beragama Islam, hal ini sangat penting. Pasalnya, ada beberapa produk dot botol susu bayi yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Tak hanya itu saja, kalian para orang tua juga seharusnya memilih produk dot botol susu yang desainnya membuat bayi merasa menyusu di payudara. Pasalnya, dot botol hadir dalam desain yang berbeda-beda. Carilah dot botol susu yang dapat dipegang & dotnya gampang dimasukkan ke mulut oleh si kecil. Pasalnya, ada beberapa model dot botol susu yang mudah lepas saat bayi menggunakannya untuk minum susu formula. Ada juga dot botol susu yang desainnya bisa mencegah bayi tersedak sehingga aman digunakan dalam berbagai posisi minum susu.

Selanjutnya, kemudahan dalam membersihkannya juga patut menjadi bahan pertimbangan. Pasalnya, dot botol susu sangat mudah kotor dan sulit dibersihkan. Namun, tak semua dot botol susu seperti itu. Pilihlah dot botol susu yang sekiranya mudah untuk dibersihkan. Pasalnya, kebersihan dot dan botol susu bayi berpengaruh besar pada Kesehatan si kecil.

Pro dan Kontra Menggunakan Dot Bayi

Setiap produk pasti punya pro & kontra, termasuk dot bayi. Jadi, kalian para orang tua harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk menggunakan dot botol susu untuk memberi minum si kecil. Salah satu hal baik dari dot bayi adalah kapasitasnya untuk menenangkan bayi di antara waktu menyusu. Selain itu, dot botol susu juga bisa membantu si kecil tidur. Bahkan, dot bayi juga dapat menenangkan diri si kecil Ketika mereka tumbuh besar.

Namun, perlu diingat kalau botol susu bayi mungkin bisa membuat gigi si kecil miring. Hal ini disebabkan gigi bayi yang baru tumbuh digunakan untuk menggigit dot botol susu setiap hari. Tak hanya itu, jika dot botol susu bayi tidak berbahan aman dan steril, hal ini bisa mengakibatkan si kecil mengalami infeksi. Tentu saja, setiap orang tua ingin selalu anaknya sehat.

Melihat pro dan kontra dari dot bayi, banyak orang tua yakin dan memutuskan untuk memilih memberi susu formula pada bayi menggunakan dot botol susu. Biasanya orang tua yang sibuk lebih memilih cara ini. Namun di sisi lain, Sebagian besar dokter memberi saran agar orang tua menyapih anaknya dari menggunakan dot botol susu saat si kecil menginjak usia 2 tahun. Jadi, pertimbangkan dulu matang-matang sebelum memutuskan untuk membeli dot botol susu bayi.

Dot susu bayi punya ukuran yang berbeda-beda. Kalian para orang tua bisa memilihnya berdasarkan usia meski ini tidak bisa menjadi satu-satunya patokan. Biasanya, dot botol susu yang berukuran S cocok untuk bayi yang berusia 0 hingga 3 bulan. Kemudian, bayi dengan usia 3 hingga 6 bulan biasanya cocok untuk menggunakan dot ukuran M. untuk ukuran L, umumnya lebih cocok digunakan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas.

Itulah cara memilih dot bayi yang aman dan berkualitas. Harga dot bayi sangat bervariatif. Harga dot bayi tergantung dengan merk, tempat membeli, bahan yang digunakan, dll.

About the Author: admin