Bagaimanakah Sejarah Singkat Hijab dalam Islam

Hijab saat ini sudah menjadi trend masyarakat Indonesia. Sudah dipakai untuk masyarakat kalangan luas, jadi  tidak hanya dipakai orang untuk pergi mengaji saja atau hanya untuk acara resmi saja. Kesadaran masyarakat untuk berhijab sudah meningkat dari hari ke hari. Hijab menjadi trend yang sangat positif.

Sejarah Singkat Hijab dalam Islam

Awal mula Islam muncul di Timur Tengah dan Afrika Utara, Islam kemudian masuk ke Eropa. Kerudung dan selendang dengan berbagai warna dan bentuk menjadi kebiasaan dalam budaya. Jumlahnya pun tak terhitung lagi. Jauh sebelum Islam terbentuk pada abad ke tujuh di Jazirah Arab.

Setelah islam berkembang, baru belakangan ini beberapa negara Islam mulai mewajibkan semuai wanita mengenakan jilbab. Misalnya saja adalah negara Iran.

Namun banyak juga yang berpendapat bahwa jika seorang wanita mempunyai hak pribadi untuk tidak mengenakannya. Jilbab adalah pilihan mereka sendiri. Dan juga, merupakan identitas serta ekspresi diri. Jenis-jenis hijab diantaranya:

1. Khimar

Khimar merupakan nama dari penutup kepala atau kerudung. Merupakan kerudung yang tren di kalangan orang barat. Kerudung ini memiliki satu atau dua syal yang menutupi bagian kepala dan leher.

2. Jilbab

Jilbab merupakan pakaian yang mempunyai ukuran longgar. Terdiri dari kerudung yang menutupi leher dan pakaian dengan lengan panjang. Jilbab paling umum digunakan oleh orang Timur Tengah, khususnya Iran dengan kebanyakan warna hitam. Jilbab menutupi kepala dan tubuh, namun pada bagain wajah masih terlihat.

3. Niqab

Niqap ini populer di seluruh dunia muslim. Namun di Eropa, sedikit menimbulkan perdebatan. Diantaranya, beberapa politisi memperdebatkan tentang larangan memakai niqap. Dan perdebatan lainnya mengenai niqap yang mengganggu komunikasi dan menimbulkan masalah keamanan.

Niqap merupakan pakaian dan kerudung yang menutupi seluruh tubuh, kepala dan wajah. Dan hanya terbuka sedikit saja pada bagian mata. Niqap ini bisa saja terlihat hanya menyisakan celah sempit untuk mata, atau masih terlihat di bagaian dahi atau teluk.

4. Burqa

Burqa merupakan jilbab penuh. Keseluruhan wajah dan tubuh yang tertutup. Seseorang yang memakai burqa hanya dapat melihat melalui celah yang sangat tipis di bagian mata. Negara dengan penduduk yang banyak menggunakan burqa adalah Pakistan dan Afghanistan. Di bawah rezim Taliban di negara Afghanistan pada tahun 1996 sampai dengan tahun 2001, penggunaan burqa dimandatkan oleh sebuah undang-undang.

Perintah menutup aurat sudah diperintahkan oleh Allah SWT. Banyak ayat-ayat dari Al-Quran yang telah menjelaskan tentang perintah untuk mengenakannya. Diantaranya adalah Al-Quran surat Al Araf ayat 26 dan surat Al Ahzab ayat 59.

Demikian tadi penjelasan dari kami agar dapat memberikan manfaat bagi anda semua. Semoga dengan berhijab dapat memperbaiki diri dan memberikan dampak yang positif serta lebih meningkatkan iman dan takwa. Apabila anda baru saja memulai dalam berhijab, semoga istiqomah. Aamiin.

About the Author: admin

You May Also Like