Contoh Surat Pesanan Barang Untuk Keperluan Bisnis

menyurat menjadi salah satu hal yang dinggap penting dalam segala hal sesuai dengan kebutuhan. Dalam dunia bisnis, peran surat juga sangat penting sebagai salah satu bukti untuk menguatkan sebuah pernyataan dan perjanjian. Misalnya dalam jual beli maka dibutuhkan surat pesanan barang untuk sistem jual beli dalam jumlah banyak.

Kenapa dibutuhkan surat pesanan dalam jual beli? Jika jual beli dalam jumlah banyak maka surat jual pesanan ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa penjual dan pembeli telah melakukan transaksi sejumlah barang. Bahkan jika sistem jual beli dilakukan secara online maka peran surat pesanan barang ini sangat penting.

Surat pesanan barang dijadikan sebagai salah satu bukti serta sebagai data penjualan yang dilakukan. Surat pesanan barang termasuk jenis surat Niaga yang akan dibuat oleh pelanggan atau pembeli mengenai jumlah dan jenis permintaan terhadap pembelian barang. Surat ini dibuat oleh pihak pembeli yang akan ditujukan pada penjual  sebagai penyedia barang.

Dalam prakteknya, surat pesanan barang ini ada yang disediakan oleh pihak penjual dan ada juga yang dibuat secara langsung oleh pihak pembeli. Hal ini tentu saja tergantung bagaimana kondisi proses jual beli tersebut. Namun yang jelas surat pesanan barang ini sering digunakan dalam transaksi pesanan barang dalam jumlah besar.

Bahkan kini dengan kemajuan era teknologi atau digital, maka surat pesanan dikirimkan dalam pesan elektronik kepada penjual. Hal ini memang lebih praktis dan tidak perlu menunggu waktu lama. Dengan mengirimkan surat elektronik maka akan lebih cepat sampai dan pesanan barang bisa segara diproses untuk pengiriman.

Fungsi Surat Pesanan Barang Yang Umum Digunakan

Surat pesanan barang lebih tepatnya memiliki fungsi untuk  alat bukti dalam proses pemesanan dan pembelian suatu barang. Surat tersebut akan digunakan oleh pihak pembeli dalam memesan sebuah barang ada pembeli dalam jumlah besar atau banyak. Surat pesanan ini bisa dibuat secara perorangan atau bisa juga atas nama perusahaan atau kelompok.

Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari surat pesana barang tersebut. Adanya surat pesanan barang dari pembeli maka hal ini akan memudahkan penjual untuk menyediakan jenis dan jumlah barang yang ingin dipesan.

Cara Membuat Surat Pesanan

Dalam membuat surat pesanan untuk transaksi pemesanan barang maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan diantaranya yatiu sebagai berikut:

  1. Apabila surat pesanan dari lembaga atau perusahaan maka surat tersebut menggunakan KOP surat atau kepala surat
  2. Pesanan barang individu bisa ditulis diatas kertas saja tidak perlu terlalu resmi
  3. Cantumkan tanggal pemesanan di bagian sudut kanan atas kepala surat
  4. Tulis nomor surat di bagian kiri bagian baris informasi tanggal pesanan
  5. Cantumkan juga lampiran dan perihal surat
  6. Awali dengan salam pembuka
  7. Isi surat memberikan informasi yang detail dan lengkap terkait dengan pesanan barang yang meliputi jumlah, jenis, ukuran dan lainnya
  8. Cantumkan juga informasi jasa kurur untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak
  9. Alamat pengiriman harus di cantumkan dengan jelas dan detail agar barang sampai di alamat Anda
  10. Penutup surat untuk mengakhiri surat pesanan

Isi Surat Pesanan yang Benar

Dalam isi surat pesanan ini tentu saja harus mencantumkan pesanan barang dengan jelas dan detail. Jangan sampai isi surat pesanan tidak menjelaskan secara detail karena nantinya bisa saja pesanan barang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ada beberapa poin isi surat pesanan barang yang benar diantranya yaitu sebagai berikut!

  • Nama Barang

Dalam surat pesanan yang utama dicantumkan tentu saja nama barang yang akan dipesan oleh pihak pembeli. Cantumkan dan tulis nama barang dengan jelas agar tidak salah dalam proses pengiriman. Terlebih lagi jika penjual menyediakan banyak barang maka harus jelas untuk hindari kemungkinan barang tertukar.

  • Jenis Barang

Untuk mempertegas nama barang maka sertakan juga jenis barang. Dengan begitu maka penjual tidak akan bingung nantinya pada saat pengiriman barang yang diminta.

  • Kualitas Barang

Pahami kualitas barang yang akan dibeli sehingga nantinya Anda bisa meminta kualitas barang seperti apa yang akan dipesan.

  • Jumlah Barang

Berapa jumlah barang yang akan Anda beli? Cantumkan dengan jelas dan detail jumlah pesanan yang ingin dibeli.

  • Pengiriman Barang

Kemudian jenis pengiriman dan kurir yang digunakan juga harus dicantumkan secara jelas untuk memudahkan proses pengiriman barang dan agar barang sampai dengan baik.

  • Syarat Penyerahan Pesanan

Terkait syarat penyerahan bisa dibuat jika dibutuhkan oleh pihak pembeli jika pesanan barang tertentu dan dalam jumlah tertentu.

Berikut Ini Contoh Surat Pesanan Barang

Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan surat pesananan, simak berikut ini contoh surat pesanan barang yang biasa digunakan!

  1. Contoh Surat Pesanan Pembelian Barang Elektronik
  2. Bonar Sawit

Jln. Sawah Lega No. 777

Jakarta

Jakarta, 24 Januari 2020

 

Nomor : 280/KL/V/2007

Hal : Pemesanan Barang Elektronik

Kepada PT. Elektronik Kurang Modal

Jln. Aceh No. 75

Bandung

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang kami terima dari surat yang telah saudara ajukan, kami berniat untuk memesan barang-barang elektronik yaitu :

  1. 10 unit TV 50 inch
  2. 5 unit Kulkas 3 Pintu
  3. 12 unit Mesin Cuci
  4. 20 unit Dispenser
  5. 5 unit AC

Kami akan melakukan sistem pembayaran dengan cara kredit sesuai dengan ketentuan yang diberikan perusahaan saudara. Pembayaran periode pertama akan kami lakukan setelah menerima semua barang pesanan dalam keadaan baik. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

Bambang Bonar

  1. Contoh Surat Pesanan Makanan
  2. Mahligai Cinta

Jln. PUngkur No. 531 Bandung

Bandung, 5 Februari 2020

 

Nomor : 029/TJK/III/2020

Hal : Menanggapi Tawaran Produk Istimewa

Lampiran : 1 Lembar

Yth. Samosa Leupeut Cireng

Jln. Bunga Melati Merah

Bandung

Dengan Hormat,

Kami dari PT Mahligai Cinta, ingin melanjutkan penawaran poduk dari Samosa Leupeut Cireng. Setelah beberapa saat lalu kami mengadakan rapat tentang produk yang bapak tawarkan dengan harga yang tertera pada lampiran katalog. Kami semua sepakat untuk memesan produknya sesuai promosi yang bapak lakukan sebelumnya.

Untuk melengkapi pesanannya kami juga telah melampirkan rincian daftar pesanan bersama surat pesanan ini. Kami harap dapat bekerjasama dengan Bapak untuk pemesanan bakery dan ice cream dalam rangka pesta penyambutan direktur baru. Untuk perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih

 

Hormat Kami

Sundanisa Ajeng

 

Demikian mengenai contoh surat pesanan yang bisa Anda buat sesuai dengan kebutuhan pemasan barang dan bahkan untuk pemesanan makanan. Surat pesanan pada dasarnya dibuat sesuai dengan semua kebutuhan dalam melakukan pemesanan suatu barang.

About the Author: admin

You May Also Like