Contoh Surat Lamaran CPNS

Seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) biasanya dibuka setiap tahun oleh pemerintah. Banyak orang yang mendambakan untuk lolos dan diterima sebagai abdi Negara. Namun terkadang untuk masuk dan lolos menjadi seorang PNS bukan hal yang mudah. Bahkan seringkali banyak yang gagal dalam seleksi karena berbagai hal termasuk mengenai persyaratan yang kurang lengkap.

Untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS tentu saja membutuhkan banyak persiapan penting yang harus dilakukan oleh setiap peserta yang mengikuti seleksi tersebut. Persiapan termasuk dalam hal ini meliputi  persiapan berkas persyaratan dan persiapan lainnya. Dengan semua persiapan yang dilakukan dengan baik maka tentu saja hal ini akan sangat membantu Anda untuk lolos dalam seleksi.

Persiapan administrasi yang meliputi persiapan surat lamaran CPNS memang harus benar benar diperhatikan dengan baik. Persiapan surat lamaran harus sesuai dengan format dan ketentuan untuk masing masing formasi yang ditabuka. Membuat surat lamaran CPNS untuk masing masing formasi terkadang berbeda. Namun pada dasarnya surat lamaran dibuat sama antar satu formasi dengan formasi lainnya.

Bagi Anda yang masih bingung mengenai cara untuk membuat surat lamaran CPNS maka jangan khawatir karena kini ada banyak contoh surat lamaran yang bisa dengan mudah kamu pelajari dan contoh untuk membuatnya.

Biasanya format untuk membuat surat lamaran CPNS bisa di download di website resmi dari CPNS secara online. Nah, hal ini tentu saja akan memudahkan dalam membuat surat lamaran yang sesuai dengan aturan dan tentu akan lebih efisien sebagai salah satu data untuk melengkapi persyaratan daftar CPNS.

Panduan Membuat Surat Lamaran

Sebelum membahas contoh surat lamaran CPNS, pahami terlebih dahulu mengenai panduan untuk membuat surat lamaran tersebut. Ketahui poin poin dan struktur untuk membuat surat lamaran CPNS yang baik dan benar supaya bisa menjadi persyaratan yang diterima oleh Badan penerimaan pegawai Negeri Sipil.

  1. Lihat Format Resmi Untuk Acuan

Untuk membuat surat lamaran CPNS tentu saja Anda bisa menjadikan format resmi yang sudah ada untuk menjadi acuan. Biasanya masing masing instansi menyediakan surat lamaran dengan format masing masing di situs resmi. Nah, Dengan begitu langsung unduh saja format yang telah ditetapkan agar sesuai dengan yang seharusnya.

  1. Surat Lamaran Untuk CPNS Diketik

Dalam membuat surat lamaran CPNS itu dilakukan dengan cara diketik bukan tulis tangan seperti halnya surat lamaran untuk melamar pekerjaan di perusahaan. Pastikan membuat surat lamaran dengan rapih dan jelas.

  1. Perhatikan Penggunaan Bahasa Yang Baik dan Benar

Tata bahasa menjadi salah satu pusat perhatian yang tidak boleh disepelekan dalam membuat surat lamaran CPNS. Jangan gunakan bahasa yang tidak baku karena hal ini akan menjadi salah satu penyebab tidak lolos seleksi administrasi pada kebanyakan kasus yang sudah terjadi.

Surat lamaran harus dibuat dengan sebaik mungkin karena surat lamaran adalah salah satu bentuk etika meminta izin bagi pemilik lapangan pekerjaan sehingga Anda  bisa diterima. Kemudian pastikan surat lamaran harus rapi.

  1. Minimalisir Salah Ketik atau Typo

Dalam membuat surat lamaran CPNS sebaiknya dilakukan dengan hati hati dan teliti. Pastikan untuk meminimalisir typo atau kesalahan ketik. Periksa dengan teliti supaya benar benar tidak ada kesalahan. Jika ada typo atau kesalahan kata tentu saja akan menjadi sebuah masalah dalam  proses seleksi administrasi nanti.

  1. Lampiran Dokumen Harus Sesuai Persyaratan

Kemudian dalam surat lamaran biasanya akan disebutkan dokumen dokumen pendukung atau persyaratan yang harus dilampirkan. Pastikan semua berkas wajib sudah kamu cantumkan dengan benar agar dalam proses pemeriksaan nantinya bisa lolos dengan mudah.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran CPNS

Dalam membuat surat lamaran CPNS tentu saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan benar oleh setiap pelamar. Jangan sampai surat lamaran yang kamu buat tidak sesuai dengan contoh surat lamaran CPNS yang telah ditetapkan. Simak berikut ini beberapa hal penting dalam membuat surat lamaran CPNS!

  1. Format Penulisan

Berbicara mengenai format penulisan yang dimaksud meliputi spasi, paragraph, jenis fomt, ukuran font dan lainnya harus benar benar sesuai dengan ketentuan. Pastikan semua ketentuan ini sesuai dengan yang seharunya.

  1. Ukuran Margin atau Kertas

Ukuran kertas untuk membuat surat lamaran CPNS juga harus menjadi  pertimbangan agar surat lamaran yang dibuat sesuai dengan yang seharusnya. Biasany ukuran margin yang digunakan adalah menggunakan ukuran A4.

  1. Cantumkan Keterangan Waktu

Yang dimaksud keterangan waktu disini adalah mencantumkan keterangan waktu di bagian sudut kanan atas. Keterangan waktu yang dimaksud adalah keterangan waktu pembuatan surat lamaran CPNS tersebut. Tanggal yang dimaksud disini pada dasarnya bukan tanggal membuat surat namun tanggal pendaftaran CPNS.

  1. Tujuan Surat Lamaran

Tujuan surat lamaran CPNS yang dibuat tentu harus jelas. Isikan nama dan tempat dengan benar sebagai tujuan surat tersebut. Tentunya tujuan surat masing masing sesuai dengan kementrian atau instansi yang akan di lamar.

  1. Isi Bagian Identitas Dengan Lengkap

Apabila tujuan surat sudah disii secara lengkap maka berikutnya isi bagian identitas dengan data data yang lengkap. Data yang biasanya di cantumkan diantaranya adalah Nama lengkap, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pilihan formasi, alamat lengkap.

  1. Paragraf Pembuka Harus Sopan

Kemudian masuk ke paragraf pembuka sebagai pembuka untuk melamar posisi yang ada. Paragraf pembuka harus benar benar sopan agar bisa  menjadi sebuah pertimbangan bagi pihak pihak terkait untuk menerima Anda.

  1. Berkas Kelengkapan

Setelah paragraf pembuka maka selanjutnya di bawah itu Anda bisa mencantumkan daftar berkas kelengkapan secara lengkap sesuai dengan ketentuan. Jangan sampai kurang dokumen yang seharunya dilengkapi.

  1. Paragraf Penutup

Sebagaimana paragraf pembuka, bagian paragraf penutup juga harus dibuat dengan kata kata yang sopan. Jangan sampai salah dalam membuat paragraf penutup karena hal ini bisa mempengaruhi.

  1. Tanda Tangan dengan Nama Jelas di Bagian Pojok Kanan Bawah Surat

Nah, di bagian akhir adalah menuliskan nama jelas dan tanda tangan diatas materai 6000. Sampai sini proses membuat surat lamaran CPNS Selesai dan cek kembali agar tidak ada kesalahan.

Contoh Surat Lamaran CPNS

…………………., .….…………….2018

(tanggal sesuai pada saat peserta pilih/daftar instansi di potal SSCN)

Yth. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI

Di –

Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                    : …………………………..

Tempat/Tanggal Lahir    : …………….., ……………………………

Jenis kelamin                     : Pria

Pendidikan                         : SMA/SMK ..…………… (jurusan IPS/IPS/)

Jabatan yang dilamar      : Penjaga Tahanan/ formasi………(umum/ Putra/I Papua)

Alamat                                  :               ………………………(sesuai domisili)

Dengan ini menyampaikan surat lamaran dan dokumen persyaratan agar dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2018. Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan sebagai berikut:

  1. ….
  2. ….
  3. ….dst. (sesuai persyaratan pada pengumuman)

 

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila di kemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/ kelulusan saya pada seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2018. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

ditandatangani

(nama_lengkap)

 

Itulah contoh surat lamaran CPNS untuk Anda yang ingin mendaftar atau melamara CPNS. Pastikan membuat surat lamaran dengan benar dan sesuai format yang ditetapkan!

About the Author: admin

You May Also Like