Contoh Surat Izin Sakit

Dalam kondisi sakit tentu saja akan sangat sulit untuk melakukan aktivitas di luar ruangan, baik itu bekerja, sekolah, kuliah dan lainnya. Setiap orang tentunya tidak bisa menghindari gangguan atau masalah kesehatan yang bisa terjadi kapan saja. Untuk itu dalam kondisi sakit dan tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya tentu membutuhkan surat keterangan atau surat izin sakit untuk memberikan keterangan baik itu ke perusahaan tempat kerja atau ke sekolah atau kuliah.

Dalam membuat surat izin sakit ini tentu harus benar benar memperhatikan banyak aspek penting. Jangan sampai menyepelekan cara membuat surat izin sakit sebab jika asal asalan tentu hal ini akan terkesan tidak sopan. Hanya saja kadang banyak yang menyepelekan dalam pembuatan surat keterangan izin sakit ini. padahal dalam membuat surat izin sakit ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dengan adanya surat keterangan izin sakit yang dikirim ke tempat kerja, sekolah atau kampus tentu akan memberikan keterangan lebih jelas dan membuat pihak tertentu paham dengan kondisi seseorang yang tidak bisa hadir di watktu tersebut.

Bagi Anda yang belum paham mengenai tata cara untuk membuat surat keterangan izin sakit maka simak berbagai referensi yang kini banyak terdapat di situs internet untuk dijadikan acuan atau contoh dalam membuat surat izin sakit. Pahami dengan baik untuk membuat surat izin sakit yang baik dan benar.

Tips dan Cara Membuat Surat Izin Sakit yang Baik dan Benar

Untuk membuat atau menulis surat izin sakit tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik oleh pihak yang bersangkutan. Tata cara penulisan yang benar dalam membuat surat izin sakit memang penting untuk diperhatikan. Jangan anggap sepele penulisan surat izin sakit karena hal ini penting.

Nah, untuk membuat surat izin sakit maka perhatikan beberapa hal berikut ini agar surat izin sakit yang Anda buat tentu saja sesuai dengan ketentuan yang seharusnya!

  1. Cantumkan tempat dan tanggal dalam pembuatan surat
  2. Tulis nama dan gelar ditujukannya surat tersebut
  3. Mulai dengan salam pembuka (misal Dengan Hormat)
  4. Paragraf awal sebagai pembuka yang berisi sapaan dalam beberapa kalimat singkat namun jelas dan efektif
  5. Bagian sisi surat menjelaskan alasan dari di tulisnya surat tersebut
  6. Penutup berisi permohonan maaf dan ucapan terima kasih bagi penerima surat tersebut
  7. Tanda tangan dari pengirim surat

Beberapa poin tersebut menjadi salah satu bagian penting dalam pembuatan surat izin sakit yang perlu diperhatikan oleh setiap orang yang membuat surat tersebut. Pastikan surat izin sakit memuat pernyataan yang singkat, padat dan jelas.

Selain itu gunakan tata bahasa yang jelas dan sopan. Jangan sampai anggap sepele dalam membuat surat izin sakit karena hal ini sangat penting sekali bagi Anda yang tidak bisa masuk kerja atau lainnya akibat sakit.

Contoh Surat Izin Sakit Untuk Tidak Masuk Sekolah

Salah satu contoh surat izin sakit yang biasa banyak di cari adalah untuk anak sekolah. Nah, bagi Anda yang bingung dengan contoh surat izin sakit tidak bisa masuk sekolah, maka simak berikut ini contohnua sebagai bahan referensi!

Jakarta, 15 Januari 2020

Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-C

SMAN 3 Jakarta

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama     :  Aril Tatum

Siswa     : Kelas XI-C SMAN 3 Jakarta

Dengan ini memberitahu bahwa anak saya tidak bisa masuk sekolah seperti biasanya pada hari ini dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-CB agar memberikan izin sampai anak saya benar benar sembuh seperti sediakala.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Orang tua/wali murid

 

Bambang Coet

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Kemudiab berikutnya bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan dan tidak bisa masuk kerja pada hari tertentu akibat sakit maka surat izin sakit sangat diperlukan untuk memberikan keterangan atas absen di kantor. Untuk surat izin sakit tidak bisa masuk kerja biasanya disertai dengan surat keterangan dari dokter sebagai penguat surat tersebut. adapun contohnya yaitu sebagai berikut!

Kediri, 12 Januari 2020

Perihal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,

Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)

  1. Aneka Jaya Kaya

Jalan Angsa, no. 44 Kediri

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap      : Napoleon

Alamat                    : Jl. Jungkir Balik, 56 Kediri

Jabatan                   : Staff Bagian SDM

Tidak bisa masuk kerja seperti biasanya dikarenakan kondisi kesehatan sedang kurang baik atau sakit. Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas pada hari ini.

Jika besok kondisi kesehatan saya sudah membaik maka akan kembali bekerja seperti biasanya. Saya sertakan surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti dan pertimbangan untuk bapak/ibu.

Demikian permohonan izin sakit dan tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Purnomo

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja Untuk PNS

Bagi Anda yang bekerja di lembaga atau instansi pemerintahan tentu surat izin sangat penting jika tidak bisa masuk kerja termasuk pada saat sedang sakit. Nah, jika Anda sebagai seorang PNS dan tidak bisa masuk kerja karena sakit maka sebaiknya kirim surat izin sakit dengan baik dan benar. Berikut ini contoh surat izin sakit yang isa digunakan!

Jombang, 22 Januari 2020

Hal                    : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran       : 1 Lembar

Yang terhormat,

Kepala Dinas Kebudayaan Jombang

Di Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama Lengkap                  :  Junaedi

N I P                                     :   10987654 199987 5 677

Pangkat                              :  Pembina  III  / a

Jabatan                                : Staff Bidang Kearsipan Dinas Kebudayaan Jombang

Alamat                                : Krasak, RT 13, RW 6, Jombang

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Rabu 23 Januari 2020 hingga Jum’at 25 Januari 2020 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan sakit dan diharuskan beristirahat oleh dokter selama 3 (tiga) hari. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari yang sudah disebutkan di atas. Saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Junaedi

Nah, demikian itulah contoh surat izin sakit yang bisa dijadikan sebagai salah satu referensi untuk Anda yang membutuhkan surat tersebut. Dalam membuat surat izin sakit tentu saja harus menggunakan bahasa yang sopan dan formal agar terlihat lebih profesional.

About the Author: admin

You May Also Like